Selamat Datang di Weblog Dr. Yonas Muanley, M.Th.Imanuel 2020

Saturday, December 7, 2013

Mempercantik Blog Teknologi dan Media Pembelajaran PAK

ad300
Advertisement


Mari mempercantik blog Teknologi dan Media PAK dengan template profesional dari pihak ketiga. Manusia cinta akan keindahan. Teknologi yang cantik, menawan dan mempesona adalah teknologi yang dikreatifkan. Pengertian teknologi membawa kita dalam memanfaatkan Blog sebagai bagian dari manipulasi sumber daya alam yang dilakukan oleh penemu blogspot. Blog Teknologi dan Media PAK yang kita miliki harus dipercantik, memperindah. Ibarat mempelai laki-laki dan perempuan harus didandani secara estetis dengan menyewa salon dan sebagainya. Demikian juga blog kita harus dipercantik. Blogspot sebenarnya sudah cantik dan bisa dipercantik lagi dengan tampilan-tampilan yang menawan.
Sebelum membahas template blog Pendidikan Agama Kristen, harus disadari bahwa dalam Pendidikan Agama Kristen atau PAK teknologi itu ialah segala kreatifitas manusia mengolah sumber daya alam yang dipakai dalam pembelajaran PAK sehingga member manfaat sebagai media dalam memperlancar kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa dan sebaliknya antara siswa dan guru, dan antara siswa dengan siswa. Kita dapat membaca buku-buku Teknologi yang ada di penerbit, seperti penerbit BPK dan penerbit Gandum Mas. Teknologi menjadi keseluruhan sarana dalam memfasilitasi atau menunjang proses Pembelajaran PAK. Hal ini menegaskan bahwa ada tanggapan positif terhadap mata kuliah teknologi dan media Pembelajaran PAK.Kini kita lanjut dengan pembahasan template
Template blog merupakan bagian dari teknologi, khususnya teknologi online. Bila kita hendak menjadikan halaman-halaman website (www) menjadi teknologi dan media PAK maka perlu memperhatikan template blog. Hal ini disebabkan karena tampilan blog yang elegan/menarik akan menyenangkan pengunjung blog. Apa artinya mempunyai blog yang berisi materi Pembelajaran tetapi sepi pengunjung. Informasi yang disampaikan juga tidak berguna. Untuk itu maka kita perlu mempercantik atau memperindah blog dengan "template-template" yang menarik. Bagian ini saya namakan: Teknologi Template untuk keperluan Teknologi dan Media PAK" dengan Kita bisa memakai template yang disediakan blogspot maupun di luar blogspot, atau biasa dikenal template pihak ketiga. Untukkmemasang template di blog, kita dapat memilih dua cara:
1. Memilih template gratis. Ada template profesional yang free
2. Template berbayar/profesional berbayar
Dalam postingan ini saya ingin memperkenalkan "TEMPLATE" yang disediakan oleh websiet dengan alamat: www.webnode.com. Webnode menyediakan dua pilihan, yakni template gratis dan berbayar/profesional. Saya sudah membuat website gratis yang disediakan webnode dengan memakai "template" gratis yang disediakan webnode untuk website saya dengan alamat: http://dr-yonas-muanley-m-th6.webnode.com/ 
Di webnode.com tersedia banyak pilihan tema/template, kita tinggal memilih sesuai keinginan kita. Hanya saja saya belum menggunakan "Template" webnode untuk Blogspot. Template yang saya pakai untuk blog-blog saya yang berbasis "Blogspot.com", saya pakai dari blogspot dan juga template pihak ketiga yang cocok untuk blogspot. Biasanya ada kategori "template blogger" artinya bisa dipakai untuk blogspot. Ada juga template wordpress.com. Template ini ada yang bisa dipakai untuk blogspot tetapi ada pula yang tidak bisa.
Beberapa blog saya yang memakai "template pihak ketiga:
1. http://yonas-muanley.blogspot.com
2. http://ymuanley.blogspot.com
3. http://estetikaku.blogspot.com
4. http://wujudkanrumahimpian.blogspot.com
Sedangkan template blog berbasis template "Blogspot.com":
1. http://ontologiepistemologiaksiologi.blogspot.com
2. http://berliturgi.blogspot.com
Beberapa blog di atas merupakan bagian dari puluhan blog yang saya miliki.
Template yang saya pakai dari Blogspot dan pihak ketiga/diluar template yang tersedia di blogspot.


http://weblogyonasmuanley.blogspot.com/
 Template ini memiliki keindahan tersendiri. Saya hanya ambil Header Blog

http://estetikaku.blogspot.com
 Template yang satu ini bertemakan Estetika: Filsafat Keindahan.
Template di atas saya ambil dari pihak ketiga/diluar layanan blogspot.

http://wujudkanrumahimpian.blogspot.com/
Template ini disesuaikan dengan Tema Blog yaitu Rumah Impian. Template yang diambil dari pihak ketiga. Masih bersifat gratis tetapi penampilannya sangat profesional

http://yonas-muanley.blogspot.com/
Kalau yang ini sebenarnya cocok untuk tema-tema tempat berteduh. Namun dalam kebutahan akan mempercantik blog. Saya memakainya untuk Blog MK. Kurikulum PAK dengan topik: Kurikulum dalam Alkitab dan Alkitab dalam Kurikulum
Kini saya lanjutkan dengan "Template" Webnode.com
Contoh template gratis dari webnode.

Tampilan Template webnode berikut ini adalah template gratis yang disediakan oleh website webnode. Saya memilih template dengan panaroma keindahan Pantei untuk sekadar ingat kampung halaman. Selain itu pertimbangan yang paling pokok dalam memilih template ini karena "Tombol Navigasi" atau penunjuk ke halaman-halaman website yang tersedia pada header website. Ada 10 Tombol Navigasi dalam template yang saya pakai. Untuk lebih jelasnya lihat website saya dengan alamat: http://dr-yonas-muanley-m-th6.webnode.com/
 Berikut ini saya tampilan website milik saya di webnode.

http://dr-yonas-muanley-m-th6.webnode.com/ 
Silakan klik link/alamat berikut ini: 

Selain itu, kita bisa memakai yang berbayar. Berikut contoh yang saya buat/ambil scrin shootnya dari www.webnode.com. Untuk yang berbayar kita bisa menjadi "affiliate" dari Program affiliate yang disediakan oleh webnode.com. Bila ada yang memakainya atas refrensi kita maka kita akan mendapat komisi. Hanya saja website gratis dari webnode tidak secepat terindeks oleh google sebagaimana "Blogspot.com". Di blogspot.com, bila tulisan yang diposting orisinil dan cocok dengan alamat blog yang kita buat maka dalam tempo beberapa jam sudah terindek oleh google. Pengalaman saya membuat Blog dengan judul: http://buahlogi.blogspot.com. Blog ini saya buat siang dan sorenya langsung terindeks oleh google. Artinya ketika saya mengetik kata :buah logi" langsung blog saya berada pada urutan peringkat google. Ada pula yang satu dua jam bisa langsung terindek google. Normalnya bisa 1 bulan atau beberapa minggu, baru blog kita terindek google.
Walaupun demikian, tidak ada salahnya kita memanfatkan www.webnode.com untuk membuat website dan memilih tampilan-tampilan website/template yang menarik. Salah satu tampilan template berbayar yang menawan dari webnode dapat saya tampilkan dalam schrin shoot berikut ini. Akan tetapi jika ini tidak diperbolehkan oleh Blogspot dan Webnode maka saya akan menghapusnya. Saya hanya memberi informasi kepada pembaca tentang adanya "Template Profesional/berbayar" dari Webnode.com. Para pembaca yang tertarik, silakan mengunjungi alamat webnode: melalui website saya yang berbasis webnode, yaitu: http://dr-yonas-muanley-m-th6.webnode.com/ atau bisa langsung di alamat webnode, yakni: www.webnode.com
 Berikut salah satu Template Profesional dari Webnode:


Dalam 8 tampilan template ini muncul nama saya: Dr. Yonas Muanley, M.Th. Semuanya masih bersifat uji coba, yaitu saya memasukan nama saya untuk mengetahui sejauh mana hasil tampilan dari template-template profesional/berbayar dari website webnode. Jadi saya belum memakai, munculnya nama saya di 8 template itu hanya bersifat uji coba. Hasilnya "Luar Biasa" Tampilan Template webnode berbayar. Hal ini perlu saya tegaskan untuk menghindari pemakaian produk tanpa izin. Apa yang saya lakukan ini adalah reviu tentang produk "template profesional" dari webnode. Sukses untuk webnode, terlebih lagi "Blogspot.Com" memang luar biasa.

Para dosen Perempuan dan atau Guru Perempuan dapat memakai template ini untuk blognya tetapi harus membayar ke webnode. Biaya tahunannya silakan lihat di www.webnode.com



Para dosen/guru yang gemar memakai mobil dan memposting tulisan, dapat menggunakan template ini". Sementara dosen/guru PAK dengan mobil "Oikumene" semacam "Bus Way", Metro Mini dll, dapat memilih template lain yang lebih cocok, mungkin cari template "Metro Mini". Saya sering menggunakan mobil oikumene dan motor oikumene/ojek pergi dan pulang kantor. Suatu saat mahasiswa bertanya ke saya, Pak mobilnya parkir di mana? Saya jawab mobil saya "Oikumene", mobil penuh kasih. Coba lihat, siapa saja dapat menumpang "Metro Mini", "Bus Way". Jokowi, Gubernur DKI juga pernah memakai Bus Way. Seorang Gubernur yang mampu turun ke akar rumpun. Salut untuk Kepemimpinan "Pak Jokowi". Dalam keyakinan saya, Pak Jokowi memakai "gaya kepemimpinan Inkarnasi".


 Template di atas dapat dipakai oleh Pendidik laki-laki/dosen/guru laki-laki dan perempuan. Template berikut/seorang wanita cantik yang sedang menunjukkan "kunci" dapat dipakai oleh siapa saja yang mencari kesuksesan, misalnya kesuksesan dalam mengajar. Misalnya tema websitenya adalah "Kunci Sukses Guru/dosen Profesional": Sukses dalam Pengajaran, Sukses dalam Penelitian, Sukses dalam Pengabdian Masyarakat (lihat BKD = Beban Kerja Dosen).


Kalau Template ini cocok untuk Pendidik yang jadi pengusaha atau bisa juga untuk tema: "Rumah Bapa". Terserah kepada pembaca, memilih tema atau template yang cocok dengan isi website.
Saya merindukan untuk memanfaatkan Template-template ini untuk keperluan Blog saya. Akan tetapi saya harus bersabar dan terus bekerja sampai memiliki peluang untuk menyewa template dari webnode.

 Kalau yang satu ini, template yang cocok untuk kegiatan belanja pendidik: beli buku, dan lain-lain. Tetapi jangan ngiler ... ha ha. Suatu saat (ketika S-1), seorang teman saya menyatakan: Kalau belajar siang cocoknya dengan ibu dosen yang cantik, katanya ia tidak mengantuk. Ya itulah pergumulan "estetika" dalam diri manusia. Luar biasa Ciptaan Tuhan. Lihat Template berikut ini.

Kedelapan (8) template dari webnode.com di atas dapat kita miliki dengan terlebih dahulu membayar ke pengelola website. (silakan kunjung alamat website webnode di bawah)
Demikian info, kiranya berguna bagi pembaca, khususnya PENDIDIK umum maupun pendidik keagamaan seperti Guru/Dosen Pendidikan Agama Kristen yang hendak memanfaatkan website dan blog dapat memanfaatkan blog dan website untuk publikasi bahan ajar atau menjadikan Teknologi Online ssebagai Sumber Belajar yang direncanakan. Silakan dan mengunjungi dan membeli template website dan blog di: WWW.WEBNODE.COM
Mari kita Manfaatkan Teknologi Online secara positif. Saya berkerinduan, suatu saat para mahasiswa yang saya ajar datang ke kelas dengan membawa: Teknologi Online seperti: Laptop, Ipad,Tablet, BB, atau Hp yang dapat mengakses bahan yang tersimpan di blog dan kita dapat berinteraksi dalam pembelajaran. TUNGGU TEORI DAN EKSPERIMEN SAYA: MEMANFAATKAN WEBLOG/WEBSITE GRATIS Sebagai Ragam Media Pembelajaran di STT. Lihat judul disertasi saya: salah satu variabel bebasnya adalah: Pemanfaatan Free Weblog Sebagai Bahan Ajar Online Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran. Saya tertantang dengan seorang penguji disertasi saya kala itu. Salah satu penguji  (sy tidak menyebutkan namanya) menyatakan kepada saya bahwa tidak ada teori baru yang saya kemukakan dalam disertasi, katanya: Weblog yang ada bahas, itu kita sudah tahu. Hanya sayangnya ketika saya mengunjungi blog dari sang penguji itu ya biasa-biasa saja. Maaf ini bukan arena balas dendam, hanya saya ingin membuktikan kepada sang penguji itu. Jika saya telah mengeksperimen lebih lanjut pada semester 2014, maka saya akan secara tegas mengkritik beliau dalam weblog yang akan datang dan sekaligus menantang penguji saya untuk menemukan teori dan mengemukakan teori tersebut.


Salam blogspot dan webnode

Dr. Yonas Muanley, M.Th.


Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments: