Selamat Datang di Weblog Dr. Yonas Muanley, M.Th.Imanuel 2020

Sunday, August 13, 2017

Kontrak Perkuliahan Teknologi dan Media PAK

ad300
Advertisement
KONTRAK PEMBELAJARAN

I. Identitas Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah : Teknologi dan Media Pembelajaran PAK
Pengajar : Pdt. Yonas Muanley, S.Th., M.Div., M.Th., D.Th.
Semester : V
Bobot : 2 SKS
Hari Pertemuan : Sebin
Tempat Pertemuan : Kampus Sekolah Tinggi Teologi IKSM SA

II. Manfaat Mata Kuliah

Mata kuliah ini disajikan dengan pendekatan semangat pengalaman belajar berbasis kemampuan atau sering disebut di Negara kita, Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kompetensi yang diharapkan untuk dicapai oleh mahasiswa dalam mata kuliah ini menentukan pendidik memilih topic-topik yang sesuai dan berkorelasi dengan kemampuan (rumusannya lihat di standar kompetensi dan Kompetensi Dasar). Dalam konteks berpikir demikian maka kemanfaatan mata kuliah Teknologi dan Media Pembelajaran mahasiswa yaitu mahasiswa difasilitasi untuk memanfaatkan teori-teori Teknologi dan Media PAK dalam tugas pelayanannya sebagai pendidik Kristen. Pembahasannya meliputi: Hakikat Teknologi dan Teknologi Pembelajaran; Peranan Teknologi Pembelajaran; Dimensi-dimensi Teknologi Pembelajaran; Fungsi Media sebagai Pusat Sumber Belajar; Hakikat Media Pembelajaran; Kategori dan Jenis Media Pembelajaran; Media Pembelajaran PAK; TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAK; Penggunaan Fasilitas Internet untuk Instruksional Pembelajaran PAK: e-mail, dan; world wide web/www: Profesional/berbayar, Gratis, seperti: Wordpress.com, Blogspot.com, Blog.com, dll. Pemanfaatan weblog sebagai Media Pembelajaran PAK Online/Bahan Ajar Online Berbasis Weblog.

III. Deskripsi Mata Kuliah

Sumber: Pixabay.com


Demi mencapai standar kemampuan yang diharapkan dalam mata kuliah ini maka ruang lingkup pembahasan materi kuliah ini difokuskan pada beberapa kompetensi dasar dan indikatornya. Proses pembelajaran mata kuliah ini dirancang dalam beberapa pokok bahasan yaitu: Hakikat Teknologi dan Teknologi Pembelajaran; Peranan Teknologi Pembelajaran; Dimensi-dimensi Teknologi Pembelajaran; Fungsi Media sebagai Pusat Sumber Belajar; Hakikat Media Pembelajaran; Kategori dan Jenis Media Pembelajaran; Media Pembelajaran PAK; TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAK; Penggunaan Fasilitas Internet untuk Instruksional Pembelajaran PAK: e-mail, dan; world wide web/www: Profesional/berbayar, Gratis, seperti: Wordpress.com, Blogspot.com, Blog.com, dll. Pemanfaatan weblog sebagai Media Pembelajaran PAK Online/Bahan Ajar Online Berbasis Weblog

IV. Skema Perkuliahan/Peta Perkuliahan Mata Kuliah : Teknologi dan Media PAK

Mahasiswa mampu menguasai berbagai aspek teknologi untuk kebutuhan sebagai pendidik professional, dan sadar bahwa teknologi merupakan guru di era modern serta menunjukan kebiasaan menggunakan teknologi dan fasilitas internet untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen

(Standar Kompetensi)

Penggunaan Fasilitas Internet untuk Instruksional Pembelajaran PAK
(Kompetensi Dasar 9)

Menjelaskan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAK)
(Kompetensi Dasar 8)

Menjelaskan Media Pembelajaran PAK
(Kompetensi Dasar 7)
Mengidentifikasi kategori dan Jenis Media Pembelajaran
(Kompetensi Dasar 6)
Menjelaskan Hakikat Media Pembelajaran (Kompetensi Dasar 5) Menjelaskan fungsi Media sebagai Pusat Sumber Belajar (Kompetensi Dasar 4)
Menjelaskan dimensi-dimensi Teknologi Pembelajaran (Kompetensi Dasar 3) Mengidentifikasi Peranan Teknologi Pembelajaran (Kompetensi Dasar 2) Menjelaskan Hakikat Teknologi dan Teknologi Pembelajaran (Kompetensi Dasar 1) 1. PL dan PB Entry Behaviour 2. PAK V. Kompetensi Dasar dan Indikator/Tujuan Instruksional
Pada akhir perkuliahan ini mahasiswa menunjukkan kemampuan dalam mendemonstrasikan setiap kompetensi dasar yang ditandai dengan indicator-indikator sbb: 1. Mampu menjelaskan Hakikat teknologi dan teknologi pembelajaran
Indikator:
a. Menjelaskan Hakikat teknologi
b. Menjelaskan teknologi Pembelajaran
2. Mampu menguraikan Peranan teknologi pembelajaran
Indikator:
a. Menguraikan Pernan Teknologi Pembelajaran 3. Mampu menjelaskan dimensi-dimensi teknologi pembelajaran
Indikator: a. Menjelaskan dimensi-dimensi teknologi pembelajaran
4. Mampu mengidentifikasi Pusat sumber belajar
Indikator:
a. Mengidentifikasi pusat sumber belajar
5. Mampu menghayati Hakikat media pembelajaran
Indikator:
a. Menghayati hakikat media pembelajaran
6. Mampu menguraikan kategori dan jenis media pembelajaran
Indikator:
a. Menguraikan kategori dan jenis media pembelajaran
7. Mampu mendeteksi Media pembelajaran PAK
Indikator:
a. Mendeteksi Media pembelajaran PAK
8. Mampu memperlihatkan minatnya kepada Media dan Teknologi Pembelajaran PAK
Indikator:
a. Memperlihatkan minatnya kepada media dan teknologi Pembelajaran PAK
9. Mampu memanfaatkan Media dan Teknologi Pembelajaran, khususnya fasilitas internet dalam kiprahnya sebagai pendidik di tengah masyarakat
Indikator: a. Gemar memanfaatkan media dan Teknologi Pembelajaran dalam kiprahnya sebagai pendidik di tengah masyarakat. 10. Penggunaan Fasilitas Internet untuk Instruksional Pembelajaran PAK a. e-mail, dan b. world wide web/www: i. Profesional/berbayar, ii. Gratis, seperti: Wordpress.com Blogspot.com Blog.com Dll Pemanfaatan weblog sebagai Media Pembelajaran PAK Online Bahan Ajar Online Berbasis Weblog 1. Organisasi Materi Kuliah
Pendahuluan 1. Hakikat Teknologi dan Teknologi Pembelajaran
2. Peranan Teknologi Pembelajaran
3. Dimensi-dimensi Teknologi Pembelajaran
4. Fungsi Media sebagai Pusat Sumber Belajar
5. Hakikat Media Pembelajaran
6. Kategori dan Jenis Media Pembelajaran
7. Media Pembelajaran PAK
8. TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAK
9. Penggunaan Fasilitas Internet untuk Instruksional Pembelajaran PAK

Penutup
2. Pendekatan dan Strategi Pembelajaran

Pendekatan Pembelajaran :
Pendekatan yang dipakai dalam proses pembelajaran mata kuliah ini yaitu: Pembelajaran berbasis Masiswa (pendekatan rekonstruktifistik) Strategi Pembelajaran:
1. Ekspositori dan Iquiri
2. Struktural dan problem solving
3. Deduktif dan Induktif
4. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, diskusi, koloquim
5. Latihan/Praktik

3. Sumber-sumber Belajar

I. Bahan Ajar Utama:

1. Prof. Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc., Menyemai Benih Tehnologi Pendidikan.Jakarta : Pusat Tehnologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan Pustekkom DIKNAS, 2004
2. Yowenus Wenda, Media Pembelajaran Berbasis Cetakan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Jogyakarta : Randa’s Family Press, 2009
3. Hamalik Umar, Media Pendidikan. Bandung : Alumni Bandung, 1982
4. Amir Tengku Ramli dan Erlin Trisyulianti, Memompa Tehnik Pengajaran Menjadi Guru Kaya. Depok : Kawan Pustaka, 2006 (khusus teori belahan otak
5. H. Suprijanto, Pendidikan Orang Dewasa. Bandung : Bumi Aksara, 2008
6. Hanni Sofia, Panduan Mahir Akses Internet. Jakarta : Kriya Pustaka, 2010
7. Jarot S. dan Sudarma S. Cara Mudah Menguasai Internet. Jakarta : Media Kita, 2011
8. Eko Priyo Utomo. Panduan Internet Untuk Pemula. Jakarta : Media Kom, 2008

II. Bahan Ajar Pendukung
Refrensi lain yang berhubungan

9. Penilaian dan Kriteria Pembelajaran

PENILAIAN:
Penilaian akan dilakukan dosen dengan penggunaan criteria sebagai berikut:

Nilai Poin Range
A 4 95 – 100
A- 3 90 – 94
B+ 2 85 – 89
B 1 80 – 84
B- 0 75 – 79
C+ 70 – 74
C 65 – 69
C- 60 – 64
D 55 – 59 (batas kelulusan)
E < 55 (gagal)
Kriteria Penilaian (Penilaian Proses) :
Nilai Akhir ditentukan dengan pembobotan terhadap beberapa tugas sbb:
1. Kehadiran : 10 %
2. Praktik membuat Media Online : 20 % (Membuat Blog)
3. Publikasi online : 20 %
4. UTS : 25 %
5. UAS : 25 %
Total …………………………….. 100 %

OK (27/8 2015) Kolom Penilaian Proses:
No Tugas Deskripsi Penilaian Proses Standar Ketercapaian Kompetensi Ketercapaian Kompetensi
(Tercapai/Tidak Tercapai) 1 Kehadiran Tanpa Absen, terlambat 5 menit 10 %
2 Tanya Jawab (Membawa Pertanyaan tertulis sebelum kuliah dimulai dan pertanyaan pada waktu proses kuliah berlangsung/Spontan) 15 %
3 Tugas Individual (pendalaman kompetensi kognitif, afektif dan psikomotorik) : 3 Topik 15 %
4 Kuiz per-akhir pertemuan : Menjawab 2 Indikator x 16 kali pertemuan (Tidak ada UTS, UAS) 40 %
5 Diskusi dan Presentasi (Setiap anggota aktif dalam diskusi dan Tanya jawab setelah presentasi) 20 %

10. Jadwal Pembelajaran

Jadwal Kontrak Pembelajaran
Pertemuan Minggu ke Materi Perkuliahan Sumber Keterangan
1 Hakikat Teknologi dan Teknologi
2 Peranan Teknologi Pembelajaran
3 Dimensi-dimensi Teknologi Pembelajaran
4 Fungsi Media sebagai Pusat Sumber Belajar
5 Hakikat Media Pembelajaran
6 Kategori dan Jenis Media Pembelajaran

7 UTS
8 Media Pembelajaran PAK

9 TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAK
10 Penggunaan Fasilitas Internet untuk Instruksional Pembelajaran PAK: email, www (gratis: www.wordpress.com; www.blogspot.com; dll)
11 Praktik Memanfaatkan halaman-halam website untuk Pembuatan Media PAK Online (Media PAK Online)
12 Praktik Memanfaatkan halaman-halam website untuk Pembuatan Media PAK Online (Media PAK Online)
13 Praktik Memanfaatkan halaman-halam website untuk Pembuatan Media PAK Online (Media PAK Online)
14 UAS

Mengetahui Dosen Pengampu Mata Kuliah
Akademik Sekolah Tinggi Teologia IKSM SA

Pdt. M.P. Aritonang, M.Th. Pdt. Yonas Muanley, D.Th.
Silabus PT : STT IIKSM Jakarta Mata Kuliah : Teknologi dan Media Pembelajaran PAK Bobot : 2 sks Semester : V Prodi PAK Jumlah Pertemuan : 14x2x50 menit Dosen : Dr. Yonas Muanley, M.Th. Tahun Ajaran : 2017 (Agustus – Desember 2017) STANDAR KOMPETENSI Mahasiswa mampu mewujudkan kemampuan kudus, kuat iman dan kasih dalam menjelaskan dan memanfaatkan Teknologi (teknologi komunikasi, teknologi informasi, teknologi data) dan Media Pembelajaran sebagai guru (sumber belajar) serta menunjukan kebiasaan menggunakan teknologi internet (fasilitas internet) untuk kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (Rumusan SK oleh dosen MK Teknologi dan Media Pembelajaran PAK Tahun ajaran 2017/2018 : Agustus – Desember 2017 di STT IKSM Santosa Asih) Kompetensi Dasar

1. Mampu menjelaskan teknologi, teknologi pembelajaran dan Media Pembelajaran
Indikator:
a. Menjelaskan Pengertian teknologi
b. Menjelaskan teknologi Pembelajaran
c. Menjelaskan Pengertian Media Pembelajaran
2. Mampu mengidentifikasi jenis Teknologi yang dapat diterapkan dalam Pembelajaran (Pendidikan Agama Kristen)

2.1. Teknologi Informasi
2.2. Teknologi Komunikasi
2.3. Teknologi Data
2.4. Teknologi Internet

3. Mampu menguraikan Peranan teknologi pembelajaran
Indikator:
a. Menguraikan Peranan Teknologi Pembelajaran dalam tatap muka di Kelas/ruang kuliah (Belajar Bersama)
b. Menguraikan Peranan Teknologi Pembelajaran dalam sistem online (Belajar Mandiri)
c. Menguraikan Pernan Teknologi Pembelajaran sebagai Peluang Kreativitas dan Inovasi serta eksistensi sebagai masyarakat ilmiah

4. Mampu menjelaskan dimensi-dimensi teknologi pembelajaran
Indikator:
a. Menjelaskan Dimensi Disain/Kawasan Disain Teknologi Pembelajaran
b. Menjelaskan Dimensi/Kawasan Pengembangan
c. Menjelaskan Dimensi/Kawasan Pemanfaatan
d. Menjelaskan Dimensi/Kawasan Pengelolaan
e. Menjelaskan Dimensi/Kawasan Penilaian
5. Mampu mengidentifikasi Pusat sumber belajar
Indikator:
5.1. Mengidentifikasi dan membuat sumber belajar yang direncanakan khusus untuk pembelajaran
5.2. Mencari sumber belajar yang tidak dirancang khusus untuk pembelajaran

6. Menjelaskan Media pembelajaran PAK
Indikator:
6.1. Menjelaskan pengertian media pembelajaran PAK
6.2. Menjelaskan teknologi sebagai media pembelajaran PAK
6.3. Menjelaskan kegunaan Media dalam pembelajaran pada PAK
6.4. Menjelaskan pedoman umum penggunaan media dalam proses pembelajaran
6.5. Mengidentivikasi taksonomi Media untuk Pembelajaran PAK
7. Mampu menguraikan kategori dan jenis media pembelajaran
Indikator:
a. Menguraikan kategori dan jenis media pembelajaran
8. Mampu memanfaatkan teknologi terkini (Fasilitas internet dan teknologi komunikasi/android) untuk pembelajaran PAK
Indikator:
a. Email
b. Blog
c. Whatshap
d. Hp Android

Pokok-pokok Materi Perkuliahan:
1. Mampu menjelaskan teknologi, teknologi pembelajaran dan Media Pembelajaran
Indikator:
a. Menjelaskan Pengertian teknologi
b. Menjelaskan teknologi Pembelajaran
c. Menjelaskan Pengertian Media Pembelajaran
2. Mampu mengidentifikasi jenis Teknologi yang dapat diterapkan dalam Pembelajaran (Pendidikan Agama Kristen)

2.1. Menjelaskan dan memanfaatkan Teknologi Informasi sebagai Teknologi dan Media PAK
2.2. Menjelaskan dan memanfaatkan Teknologi Komunikasi dan penerapannya dalam PAK
2.3. Menjelaskan dan memanfaatkan Teknologi Data dan penerapannya dalam PAK
2.4. Teknologi Internet
3. Mampu menguraikan Peranan teknologi pembelajaran
Indikator: a. Menguraikan Peranan Teknologi Pembelajaran dalam tatap muka di Kelas/ruang kuliah (Belajar Bersama)
b. Menguraikan Peranan Teknologi Pembelajaran dalam sistem online (Belajar Mandiri)
c. Menguraikan Pernan Teknologi Pembelajaran sebagai Peluang Kreativitas dan Inovasi serta eksistensi sebagai masyarakat ilmiah
4. Mampu menjelaskan dimensi-dimensi teknologi pembelajaran
Indikator:
a. Menjelaskan Dimensi Disain/Kawasan Disain Teknologi Pembelajaran
b. Menjelaskan Dimensi/Kawasan Pengembangan
c. Menjelaskan Dimensi/Kawasan Pemanfaatan
d. Menjelaskan Dimensi/Kawasan Pengelolaan
e. Menjelaskan Dimensi/Kawasan Penilaian
5. Mampu mengidentifikasi Pusat sumber belajar
Indikator:
5.1. Mengidentifikasi dan membuat sumber belajar yang direncanakan khusus untuk pembelajaran
5.2. Mencari sumber belajar yang tidak dirancang khusus untuk pembelajaran
6. Media pembelajaran PAK
Indikator:
6.1. Menjelaskan pengertian media pembelajaran PAK
6.2. Menjelaskan teknologi sebagai media pembelajaran PAK
6.3. Menjelaskan kegunaan Media dalam pembelajaran pada PAK
6.4. Menjelaskan pedoman umum penggunaan media dalam proses pembelajaran
6.5. Mengidentivikasi taksonomi Media untuk Pembelajaran PAK
7. Pemanfaatan Teknologi terkini (Fasilitas internet dan teknologi komunikasi/android) untuk pembelajaran PAK
Indikator:
a. Memanfaatkan Email untuk pembelajaran PAK
b. Memnafaatkan Blog sebagai teknologi dan Media PAK
c. Memanfaatkan Whatshapp dalam pembelajaran
d. Memanfaatkan Hp Android sebagai teknologi dan Media PAK

Sumber:

Buku-buku

Standar Proses Pembelajaran:

Pendekatan :
1. Kelompok 2. Partisipatoris
Pengalaman Belajar/Kuliah:
1. Mahasiswa Mendengar penjelasan dosen tentang materi teknologi dan media pembelajaran
2. Mahasiswa mendiskusikan berbagai hal tentang teknologi sebagai media pembelajaran
3. Mahasiswa mengamati
4. Mahasiswa membuat laporan
5. Mahasiswa mempraktekkan teknologi pembelajaran PAK
Metode Perkuliahan:
1. Ceramah seperlunya
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
4. Penelitian

Tugas:

1. Studi Kepustakaan
2. Pengamatan terhadap lembaga pendidikan di Indonesia
3. Membuat Laporan (portofolio)
4. Membuat presentasi

Sistem Penilaian:
1. Partisipasi dan kehadiran : 10 %
2. Presentasi : 20 %
3. Laporan Tugas (Blog) : 40 %
4. UTS : 20
5. UAS : 20 %

Teknis :
1. Tertulis
Bentuk Soal :
1. Esei
2. Tes Sikap
3. Porto Folio
4. Proyek
5. Unjuk kerja
Media Perkuliahan:
1. Laptop
2. LCD Proyektor
3. VCD dan
4. Buku Ajar

SUMBER BELAJAR
1. Keluarga
2. Media eloktronik (internet)
3. Nara Sumber
4. Lingkungan alam
5. Lingkungan sosial
6. Teman di Kampus
7. Teman di Masyarakat setempat
8. Komunitas Gereja
9. Literatur/Buku-buku Refrensi (lembaran tersendiri)
11. Prof. Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc., Menyemai Benih Tehnologi Pendidikan.Jakarta : Pusat Tehnologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan Pustekkom DIKNAS, 2004
12. Yowenus Wenda, Media Pembelajaran Berbasis Cetakan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Jogyakarta : Randa’s Family Press, 2009
13. Hamalik Umar, Media Pendidikan. Bandung : Alumni Bandung, 1982
14. Amir Tengku Ramli dan Erlin Trisyulianti, Memompa Tehnik Pengajaran Menjadi Guru Kaya. Depok : Kawan Pustaka, 2006 (khusus teori belahan otak
15. H. Suprijanto, Pendidikan Orang Dewasa. Bandung : Bumi Aksara, 2008
16. Hanni Sofia, Panduan Mahir Akses Internet. Jakarta : Kriya Pustaka, 2010
17. Jarot S. dan Sudarma S. Cara Mudah Menguasai Internet. Jakarta : Media Kita, 2011
18. Eko Priyo Utomo. Panduan Internet Untuk Pemula. Jakarta : Media Kom, 2008

Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments: