Selamat Datang di Weblog Dr. Yonas Muanley, M.Th.Imanuel 2020

Friday, December 13, 2013

Teknologi dan Media Pembelajaran PAK

ad300
Advertisement
[Update 28 Januari 2020]
Kita akan senang melihat bila tayangan blog seperti Teknologi dan Media Pembelajaran PAK yang dilakukan google melalui browser yang kita kenal: Firefox, Mobile Safari, Chrome, Internet Explorer, Opera, Safari, Universal Feed Parser, NetFront. Dan secara sistem operasi
Tulisan yang kita posting di blog, misalnya Teknologi dan Media Pembelajaran PAK dapat dibaca orang di seluruh dunia melalui system operasi: Windows, Black Berry, Macintos, Androit, Linux, Nokia, Samsung. Kita pasti merasa sangat senang. Selanjutnya kita membicarakan pokok berikut ini
Teknologi
Usaha memahami Teknologi dan Media PAK yang kemudian disatukan menjadi Teknologi dan Media Pembelajaran PAK mesti dilakukan secara mendalam. Dalam hal ini pembahasan tentang Teknologi dan hubungannya dengan Teknologi dan Media Pembelajaran PAK sangat menyenangkan. Y. Tomatala mengemukakan pandangan David Kaplan dan Robert A. Manners yang berusaha memahami teknologi bukan hanya sebagai alat-alat seperti mesin tetapi teknologi juga memiliki pengertian pengetahuan mengenai cara menggunakan alat-alat itu. Selanjutnya dalam perspektif Antropologi, teknologi adalah semua kebiasaan social, dimana manusia dalam dimensi sosialnya memanipulasi (membuat/membentuk/merancang) alat-alat materi yang diolah dari sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu pengertian teknologi juga diartikan sebagai pengetahuan untuk melakukan apa saja bagi pemenuhan kebutuhan hidup. Pengetahuan yang dimaksud disini yakni tahu untuk berbuat sesuatu, yang kemudian menghasilkan sesuatu dalam bentuk konsep tetapi juga alat-alat (Yakob Tomatala, 2007:192-193)

Beberapa pengertian Teknologi

Dalam bahasa Perancis, Teknologi disebut “La Teknique”, artinya “semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional”. Kata “Sesuatu” dapat berupa: benda, konsep, cara melakukan sesuatu yang merupakan hasil dari proses rasional/berpikir. Teknologi dalam definisi ini dapat diketahui melalui barang-barang, benda-benda, atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia demi memudahkan dan menggampangkan realisasi hidupnya di dalam dunia. Teknologi juga memperlihatkan wujud dari karya cipta dan karya seni yang dalam bahasa Yunani memakai kata “techne” untuk menunjuk manusia sebagai homo tecnicus. Jadi dalam konteks ini, teknologi diartikan Ilmu yang mempelajari techne manusia. Akan tetapi pengertian teknologi tidak sebatas alat yang berhubungan dengan hasil kerajinan atau karya manusia atau daya cipta manusia (penciptaan barang, benda atau alat) dari manusia selaku homo technicus. Teknologi dalam arti yang lebih luas meliputi: system atau struktur dalam eksistensi manusia di dalam dunia ini. Teknologi bukan lagi hanya sekedar suatu hasil dari daya cipta yang ada dalam kemampuan dan keunggulan manusia, tetapi teknologi telah menjadi suatu daya pencipta yang berdiri di luar kemampuan manusia yang membentuk dan mencuptakan suatu komunitas manusia yang lain.

Dalam dunia pendidikan, teknologi pendidikan adalah metode bersistem untuk merencanakan, menggunakan dan menilai seluruh kegiatan pengajaran dan pembelajaran dengan memperhatikan baik sumber Teknis maupun manusia dan interaksi antara keduanya, sehingga mendapatkan bentuk pendidikan yang lebih efektif.

Media Pembelajaran PAK

Di atas telah dijelaskan tentang teknologi. Penjelasan itu bermaksud untuk memudahkan pemahaman ketika teknologi dihubungkan dengan Media PAK atau Teknologi Media PAK. Secara pengertian, berikut ini dipaparkan beberapa definisi tentang media pendidikan. Definisi-definisi tersebut dapat diakomodir untuk media pembelajaran PAK
1. Kata media berasal dari bahasa Latin. Istilah media yang merupakan bentuk jamak dari medius/medium secara harafiah berarti perantara atau pengantar. Pengertiannya sangat luas, maka kita batasi saja pada media yang digunakan sebagai alat dan bahan bahan kegiatan pembelajaran.

2. Media adalah alat komunikasi yang digunakan untuk membawa suatu informasi
3. Media adalah segala sesuatu yang dapat meyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan.
4. Media adalah segala bentuk dan saluran untuk proses transmisi informasi (pesan/pengajaran)
5. Media (medium) adalah tehnologi untuk menyajikan, merekam, membagi, dan mendistribusikan symbol dengan melalui rangsangan indra tertentu, disertai penstrukturan informasi.

6. Media (dalam lingkup pendidikan) adalah segala benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca, atau dibicarakan beserta instrument yang dipergunakan untuk kegiatan tersebut.
7. Media pendidikan diartikan sebagai media yang lahir sebagai akibat revolusi komunikasi yang dapat digunakan untuk tujuan pembelajaran di samping guru, buku teks, dan papan tulis.
8. Media pendidikan (Gagne 1970) adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan mahasiswa yang dapat merangsang/mempengaruhi mahasiswa untuk belajar.
9. Media adalah saluran atau kendaraan yang membawa isi pelajaran kepada murid. Alat bantu tidak sepenuhnya menyalurkan pelajaran hanya bersifat pelengkap bagi media pengajaran, misalnya papan tulis, gambar, audiovisual, model, dan sebagainya.
10. Media pembelajaran (Briggs 1970) adalah sarana untuk memberikan perangsangan bagi si belajar supaya proses belajar terjadi.
11. Media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan/informasi
12. Media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang untuk belajar
13. Media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar
14. Media adalah bentuk komunikasi baik tercetak maupun audio visual serta peralatannya
15. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar mengajar terjadi
16. Gagne dalam Sadiman et al (2008) menyatakan bahwa: Media pembelajaran adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya dalam belajar.
17. Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sehingga terjadi suatu proses pembelajaran.

Kesimpulan definisi media pembelajaran

1. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan (pelajaran) serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan peserta didik/si belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang disengaja, bertujuan, dan terkendali.
2. Media pembelajaran adalah alat komunikasi pembelajaran yang digunakan untuk meyampaikan pesan/materi pelajaran (definisi Tim AA: Applied Aproach)

Jadi MEDIA PEMBELAJARAN PAK adalah segala alat yang dapat dipakai oleh komunitas PAK (peserta didik, pendidik) untuk menyampaikan isi Pelajaran Pendidikan Agama Kristen kepada siapa saja yang memerlukannya.
Teknologi dan Media Pembelajaran PAK adalah kemampuan memanipulasi sumber daya alam atau memanfaatkan alat, merancang dan menjadikannya sebagai alat pembawa pesan PAK.
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments: