Selamat Datang di Weblog Dr. Yonas Muanley, M.Th.Imanuel 2020

Sunday, February 2, 2020

Mata Kuliah Teknologi dan Media Pendidikan Agama Kristen

ad300
Advertisement
Teknologi dan Media Pendidikan Agama Kristen atau sering disingkat Teknologi dan Media PAK merupakan mata kuliah terapan dalam Program Studi Pendidikan Agama Kristen yang diselenggarakan di perguruan tinggi berbentuk Sekolah Tinggi Teologi yang ada di seluruh Indonesia maupun Universitas Kristen yang menyelenggarakan program studi Pendidikan Agama Kristen. Universitas Kristen yang dimaksud berada di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta kita kenal ada Universitas Kristen Indonesia, di Salatiga ada Universitas Satyawacana Salatiga, Universitas Kristen Petra Indonesia, Universitas Kristen Ambon (UKRIM), Universitas Duta Wacana Yogyakarta. Beberapa universitas ini ada Prodi Pendidikan Kristen, namun ada yang tidak menyelenggarakan program studi Pendidikan Kristen.
Sedangkan di Sekolah Tinggi Teologi, banyak yang menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Agama Kristen. STT yang menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Agama Kristen seperti:
1. STT IKSM Santosa Asih
2. STT Rahmat Emmanuel Jakarta
3. STT Bethel The Way
4. STT Bethel Indonesia
5. STTF Jakarta
6. STT Samuel Elizabet
7. STT Hagios Mission
8. STT Injili Indonesia
9. STT Injili Arastamar
10.STT Moriah Banten
11.STT Pelita Dunia Banten
12.STT Pelita Bangsa
13.STT Pelita Hati
14.STT Tiranus Bandung
15.STT Imanuel Ministry El Shadday
16.STT Sola Fide
17.STT Pais Jakarta
18.STT Stars Luwuk Banggai
Sementara Beberapa STT dan Institut di Luar Pulau Jawa seperti:
1.Institut Kristen Borneo
2.STT Johanes Calvin di Bali
3.STT Syalom Nias
4. STT Kasih Mentawai
5. STT Real Batam
6.STTII Medan
7.STT Ebenhaezer Tanjung Enim
8. STT Baptis Medan
9. STT GKE (Kalimantan Evangelist)
10. STT Eklesia Pontianak, Kalimantan Barat
Program Studi Pendidikan Agama Kristen di STAKN dan Institut
1. STAK Negeri Manado
2. STAK Negeri Palangkaraya
3. STAK Negeri Ambon (kini berubah menjadi Institut Agama Kristen Negeri Ambon)
4. STAK Negeri Sentani Papua
5. STAK Negeri Tarutung (Kini berubah menjadi Institus Agama Kristen Negeri Tarutung)

Perguruan Tinggi Kristen yang disebutkan di atas, tidak secara menyeluruh karena masih ada banyak perguruan tinggi berbentuk Universitas, Institut dan sekolah Tinggi Teologi serta Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri maupun Swasta yang saya tidak sebutkan semuanya. Tentu terlalu banyak.

Hal yang hendak saya katakan disini yakni Teknologi dan Media Pembelajaran Agama Kristen menjadi mata kuliah yang wajib diikuti mahasiswa yang mengambil program studi Pendidikan Agama Kristen di perguruan tinggi yang dipilihnya untuk menjadi tempat ia menyelesaikan studi menjadi pendidik profesional. Pendidik profesiona harus memiliki latar belakang studi yang sesuai prosedur akademik, yaitu waktunya 4 tahun untuk sarjana, sedang 2 tahun untuk magister Pendidikan Kristen. Tidak boleh studi Sarja ditempuh dalam studi singkat hanya beberapa bulan. Harus benar-benar studi sehingga memberi kualitas pengajaran kepada peserta didik.

Semoga bermanfaat

Salam
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments: