Advertisement |
Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran menjadi salah satu hal penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media pembelajaran sangat bermanfaat dalam pembelajaran. Karena penggunaan media pembelajaran menjadi suatu hal yang penting maka perlu diketahui yaitu kriteria memilih madia pembelajaran. Kriteria yang dimaksud antara lain:
(1) Perumusan Tujuan Pembelajaran
Saya sengaja menggunakan kata perumusan tujuan pembelajaran untuk menegaskan bahwa pembelajaran didasarkan pada tujuan yang dihasilkan dari proses perenungan, pengamatan bahkan mengandung unsur filosofis yaitu berpikir mendalam dalam mendapatkan tujuan pembelajaran. Berdasarkan tujuan pembelajaran tersebut, seorang guru atau dosen memilih media. Jadi, pilih media pembelajaran itu disesuaikan dengantujuan. Ada tujuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Oleh karena itu jangan kita memilih media secara asal-asalan. Pilih media sesuai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Perumusan tujuan pembelajarandapat dilakukan oleh team tetapi juga secara mandiri oleh guru dan dosen yang mengajar. Namun sebaiknya secara team. Bila belum ada rumusan yang dilakukan oleh team maka kita dapat merumuskan sendiri. Misalnya Anda diminta mengajar MK. Okultisme, bila belum ada tujuan yang dirumuskan maka kita (dosen) dapat merumuskan tujuan pembelajaran Okultisme yaitu: “Mahasiswa mampu mengusir setan dalam namaYesus”. Berdasarkan tujuan ini, silakan buat materi pelajaran yang terdiri dari teori dan praktik (praktik usir setan)
(2) Unsur tepat guna
Pilih media pembelajaran dari unsur yang kedua yaitu aspek tepat guna. Tepat guna disini berhubungan dengan materi. Bila materi yang disampaikan adalah objek yang bisa ditunjukkan dengan gambar maka pilihlah media gambar, demikian juga materi yang memerlukan suara atau praktik tertentu. Dalam hal ini bila mengusir setan dalam nama Yesus maka pilihan media adalah video. Pertunjukkan kepada peserta didik video tentang cara menengking setan dalam nama Yesus. Setan apapun takut akan nama Yesus.
(3) Pertimbangan pada situasi dan kondisi peserta didik
Media memang sangat efektif dalam proses pembelajaran. Namun kita juga harus melihat situasi peserta didik. Bila peserta didik tidak dapat mengakses internet maka para guru tidak dapat menggunakan media audio visual seperti Youtube, demikian juga tugas-tugas seperti prin tugas dalamprin berwarna, sementara situasi peserta didik tidak memungkinkan
(4) Menggunakan Media yang ada
Dalam menggunakan media pembelajaran, tidak dapat memaksakan diri harus adamedia seperti Infokus dll. Oleh karena itu peka terhadap stuasi. Media apa yang tersedia, pergunakan secara baik. Bila guru memiliki rejeki, maka guru dapat berkorban untuk membuat sebuah mdia sehingga berlangsung pembelajaran dengan ragam media pembelajaran.
(5) Biaya
Media pembelajaran tidak harus mahal. Sesuaikan dengan kemampuan keuangan yang ada. Jangan sampai biaya terlalu besar dalam menghadirkan media sementara hasil yang dicapai tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk membeli media pembelajaran
0 comments: