Selamat Datang di Weblog Dr. Yonas Muanley, M.Th.Imanuel 2020

Sunday, December 2, 2018

Pengertian Teknologi dan Media PAK (S2)

ad300
Advertisement
Salah satu mata kuliah di perguruan tinggi teologi di seluruh Indonesia untuk program studi Pendidikan AGama Kristen yaitu "Mata Kuliah Teknologi dan Media Pembelajaran Agama Kristen." Mata kuliah inidiberikan dengan tujuan untuk menolong mahasiswa menciptakan dan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran Pendidikan AGama Kristen di SD, SMP, SMA/SMTK dan perguruan tinggi berbentuk universitas, instutut dan sekolah tinggi, termasuk sekolah tinggi teologi.
Unruk maksud ini mahasiswa yang belajar MK. Teknologi dan Media PAK mesti memiliki epistemologi teknologi dan Media PAK yang dimulai dengan upaya menjelaskan pengertian dari Teknologi dan Media PAK.

1.Pengertian teknologi dan media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen

Definisi Teknologi Pembelajaran

1.Pengertian teknologi dan media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen

Definisi Teknologi Pembelajaran

Menurut Yusuf Hadi Miarso (2004:165) Teknologi pembelajaran adalah proses yang meningkatkan nilai tambah, produk yang dipakai dan atau dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja, strukur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembangkan dan digunakan

Ahmad Sudrajat mengabil beberapa definisi tentang teknologi pendidikan sbb:
Teknologi Pembelajaran adalah media yang terbentuk karena revolusi komuniasi yang dipakai untuk kebutuhan proses pembelajaran disamping pendidik (guru dan dosen), buku yang dipakai atau buku teks, serta papan tulis
Teknologi Pembelajaran adalah usaha merancang dan melakukan evaluasi atas seluruh proses belajar-mengajar (pembelajaran) demi mencapai tujuan khusus yang didasarkan pada riset mengenai proses pembelajaran yang memungkinkan terjadinya belajar (perubahan) kognitif, afektif dan psikomotorik.

Berdasarkan beberapa definisi di atas, kita dapat memeriksa dan mengomentari defini tersebut.
Pertama, definisi Yusuf Hadi Miarso (2004:165) Teknologi pembelajaran adalah proses yang meningkatkan nilai tambah, produk yang dipakai dan atau dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja, strukur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembangkan dan digunakan
Dalam definisi di atas menekankan bahwa teknologi pembelajaran memberi nilai tambah, memudahkan dan meningkatkan pengalaman belajar. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran akan menguntungkan proses pembelajaran dari sisi kemanfaatan yang sudah dirinci.

Kedua, definisi Teknologi Pembelajaran adalah media yang terbentuk karena revolusi komuniasi yang dipakai untuk kebutuhan proses pembelajaran disamping pendidik (guru dan dosen), buku yang dipakai atau buku teks, serta papan tulis.
Dalam definisi yang kedua, teknologi menjadi media atau alat yang olehnya menyampaikan pesan dari pengirim pesan ke penerima pesan atau dari guru kepada peserta didik. Media tersebut lahir sebagai revolusi komunikasi. Kelahiran demikian memberi kemanfaatan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran akan memberi kemanfaatan sebagaimana yang sudah disebutkan di atas.

Ketiga, definisi Teknologi Pembelajaran adalah usaha merancang dan melakukan evaluasi atas seluruh proses belajar-mengajar (pembelajaran) demi mencapai tujuan khusus yang didasarkan pada riset mengenai proses pembelajaran yang memungkinkan terjadinya belajar (perubahan) kognitif, afektif dan psikomotorik.
Dalam definisi yang ketiga, teknologi sebagai media memberi keuntungan yang signifikan dalam hal pengalaman belajar peserta didik. Pengalaman belajar yang dimaksud yaitu proses perubahan yang terjadi dalam diri peserta didik.

Artikel 100 % Unik
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments: