Selamat Datang di Weblog Dr. Yonas Muanley, M.Th.Imanuel 2020

Sunday, February 2, 2020

Teknologi Presentasi Materi Berbasis Mobile

ad300
Advertisement
Bahan AJar Online Teknologi dan Media Pembelajaran PAK. Hari ini Minggu tanggal 02 02 2020 tanggal yang unik. Saya bersama isteri dan anak menghadiri ibadah. Dalam ibadah tersebut ada kelas pendalaman iman dengan materi yang diambil dari Alkitab. Saya sampaikan ini karena blog ini adalah blog Teknologi dan Media Pendidikan Agama Kristen.

Saya dan isteri bersama anak sulung berkunjung ke sebuah gereja yang ada di Cinere, yaitu Gereja Presbiterian. Sebagai orang baru yang berkunjuung ke gereja tersebut, saya dan isteri serta anak saya dipersilahkan mengikuti kelas pendalaman materi pelajaran rohani yang diambil dari Alkitab. Topik pembahasannya tentang Perjamuan Kudus. Hal yang membuat saya tertarik dari sisi Teknologi dan Media pembelajaran yaitu pembicara atau pengajar menyampaikan dengan media yang mobile, yaitu sebuah iPad dengan tulisan Samsung dan sebuah media presentasi yaitu infokus mini bertuliskan LG. Saya kemudian memperhatikan hasil presentasi dengan teknologi dan media yang bersifat mobile. Ternyata sangat memuaskan. Saya kemudian mengambil foto melalui handphone yang saya bawa. Saya foto infokus mini tersebut dengan iPad Samsung yang dipakai oleh pembiacara di gereja.

Saya kemudian berusaha mencari di Google untuk dapat membeli kemudian menggunakannya dalam proses pembelajaran di STT di mana saya mengajar. Teknologi dan media yang dipakai itu seperti ini.


Gambar di atas adalah LCD untuk presentasi materi yang saya maksudkan di atas. LCDnya begitu kecil, mudah dibawa kemana-mana, dapat diletakkan di atas meja dan dipantulkan ke layar presentasi. Sementara Media untuk memunculkan materi yaknni menggunakan teknologi mobile dari Tablet dari merek hp tertentu seperti Tab S4. Taablet ini dapat dipakai untuk menggantikan laptop dalam mengerjakan pekerjaan seperti mengetik dan membuat presentasi.

Tablet ini diletakkan di atas meja, kemudian pembicara mulai mengajar peserta yang hadir dalam ruang pendalaman materi Alkitab untuk pendalaman iman. Acara prsentasi berlangsung secara baik. Bila dibanding dengan Laptop, presentasi dengan Tablet seperti menggunakan yang saya sudah sebutkan. Tentu ada banyak tablet yang kita dapat gunakan. Hanya sajayang saya lihat adalah sang pembicara dalam materi pendalaman iman tersebut menggunakan tablet G Tab S4.
Alat di atas dapat juga dipakai dalam proses pembelajaran di Sekolah Tinggi Teologi yang tersebar di seluruh Indonesia. Kita dapat masuk ruang kuliah dengan membawa LCD seperti yang saya cantumkan di atas dan membawa handphone atau Tablet ke dalam ruang kuliah dan melakukan proses pembelajaran secara menyenangkan dan efektif mencapai hasil pembelajaran.

Proyektor yang saya maksudkan di atas adalah proyektor mini untuk presentasi. Dalam hal ini, sudah ada perkembangan teknologi proyektor yang lebih mobile seperti proyektor mini,seperti eLG atau diluncurkan eLG yaitu eLG Bluetooth Minibeam yang menggunakan wireless sehingga presentasi sebuah materi menjadi lebih efektif.



Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments: