Selamat Datang di Weblog Dr. Yonas Muanley, M.Th.Imanuel 2020

Friday, November 8, 2013

Pemanfaatan Fasilitas Internet

ad300
Advertisement
[Update 8/3 2020] Pemanfaatan fasilitas internet yang saya maksudkan disini yaitu penggunaan komponen-komponen teknologi yang memungkinkan tersambungnya jaringan computer di seluruh dunia yang memberi informasi tentang isi pelajaran atau mata kuliah yang di asuh oleh dosen mata kuliah. Pada prinsipnya internet adalah tersambungnya computer di seluruh dunia oleh karena jaringan internet.
Berdasarkan itu, para dosen teologi dapat menggunakan internet untuk mengelola materi kuliah yang disimpan dalam sebuah hosting website atau blog dan dapat dicari melalui domain website atau blog.
Berdasarkan penjelasan saya di atas, fasilitas internet yang dapat dipakai untuk pembelajaran di kelas maupun di luar kelas (oleh siapa saja), dapat memanfaatkan komponen-komponen berikut ini.

1. Hosting
2. Domain
3. Email

Hosting adalah tempat menyimpan materi berupa tulisan seperti bahan ajar, artikel,dll; foto, dan video. Semuanya dapat disimpan di internet yaitu di sebuah hosting. Pada hosting ini kita dapat menyimpang bahan ajar kita dalam jumlah ribuan halaman sesuai besarnya hosting yang kita miliki, baik berbayar maupun gratis seperti di blogspot dan wordpress.
Untuk free, kita dapat menggunakan hosting blogspot dan wordpress. Kita dapat menyimpan bahan ajar, foto dan video untuk keperluan belajar yang kita simpan di blogspot. Dengan begitu, pada waktu kita mengajar, kita dapat menggunakannya secara online.
Untuk mewujudkan itu, kita harus memiliki domain atau alamat. Domain ini berfungsi sebagai alamat sehinggakita dapat menggunakan untuk mencari data kita di internet, selain itu dengan domain tersebut, orang lain dapat mencari dan menemukan website atau blog kita di internet.
Contoh domain dan hosting. https://rubrikadsense.blogspot.com. Pada contoh ini alamat atau domain blog adalah rubrikadsense, sedangkan blogspot adalah hosting. Sedangkan https adalah halaman-halaman website atau disebut dengan word wide web
www. Adalah word wide web. www merupakan kumpulan dokumen-dokumen hypertext yang saling terhubung satu sama lain dan dapat diakses dengan menggunakan koneksi internet. Dengan dokumen-dokumen ini memungkinkan terhubungnya satu computer dengan computer lain di seluruh dunia sehingga orang dapat membaca tulisan kita secara online. Selain itu dokemen-dokumen inijuga memungkinkan koneksi dengan handphone. Artinya siapa saja dapat mengakses website atau blog kita karena ada dokumen-dokumen yang disebut dengan word wide web atau dokumen-dokumen hypertext. Tanpa www maka tidak mungkin terjadi koneksi antara satu computer dengan computer lain.
Kemudian pada tahun 1990-an dibangun sebuah prototype-prototype dengan menggunakan teknologi-teknologi web seperti HTML, HTTP, server, dan web browser. Selanjutnya jaringan server-server berperan untuk World Wide Web. Hypertext Transfer Protocol (HTTP) digunakan untuk mengakses web. Web browser mengirim permintaan (request) untuk mendapatkan suatu halaman tertentu kepada web server, yang kemudian membalas dengan halaman yang diminta beserta isi halaman tersebut. Dengan fasilitas ini (http) browser memunculkan halaman web berdasarkan kode-kode HTML yang dipakai pada halaman tersebut.

Berikut contohnya

Contoh Pemanfaatan email dan Halaman website

Saya menggunakan email: gmail, sedangkan halaman website, saya menggunakan web berbasis www.blogspot.com dan www.wordpress.com (masih banyak yang gratis) tinggal surving di internet dan menggunakan yang cocok dengan kemauan kita.

No Judul Blog/halaman www Alamat website/blog Keterangan
1 Yesus Guru Agung https://ymuanley.blogspot.com
2 Alkitab dalam Kurikulum dan Kurikulum dalam Alkitab https://yonas-muanley.blogspot.com
3 Variabel-variabel PAK https://muanleyyonas.wordpress.com
4 Liturgi https://berliturgi.blogspot.com
5 Filsafat Ilmu. https://ontologiepistemologiaksiologi.blogspot.com
6 PAK dalam Masyarakat Majemuk. https://masyarakatmajemuk.blogspot.com
7 Teori Belajar PAK. https://teoribelajarpak.blogspot.com
8 Estetika: Filsafat Keindahan https://estetikaku.blogspot.com
12 Psikologi PAK https://psikologipak.blogspot.com
13 Evaluasi PAK https://evaluasipak.blogspot.com
14 Teknologi dan Media PAK. https://teknologidanmediapembelajaranpak.blogspot.com
16 Pembimbing Ke dalam Teologi Sistematik https://sttlukas.blogspot.com

Dari Contoh-contoh penggunaan halaman website/blog tersebut di atas menjadi jelas bagaimana teknologi dipakai untuk kebutuhan pembelajaran (Teknologi Pembelajaran) dan Media Pembelajaran PAK. Saya telah menulis dan memposting tulisan-tulisan yang berkait dengan mata kuliah yang kemudian saya jadikan sebagai BAHAN AJAR ONLINE BERBASIS FREE WEBLOG.
Ayo siapa yang nyusul.

Salam
Yonas Muanley
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments: