Selamat Datang di Weblog Dr. Yonas Muanley, M.Th.Imanuel 2020

Thursday, December 5, 2013

Motivasi Membahas Pengertian Teknologi dan Media PAK: Teknologi Online

ad300
Advertisement


Beberapa hari terakhir ini saya lebih termotivasi membahas “teknologi dan media PAK”, karena teknologi khususnya teknologi online dapat dijadikan sebagai media PAK, dapat pula alat PAK yang kemudian dijadikan sebagai alat media Pendidikan Agama Kristen. Dalam PAK teknologi itu ialah kemampuan memanipulasi alat sederhana sampai teknologi online untuk keperluan pembelajaran. Alat-alat teknologi ini dapat memperlancar tindakan edukasi antara guru dan siswa/murid/peserta didik/mahasiswa.  
Dorongan pembahasan Teknologi yang dihubungkan dengan Pendidikan Agama Kristen muncul secara khusus pada pemberian pengertian tentang  “teknologi”, yaitu teknologi sebagai teknik sederhana sampai pada teknik tertinggi dalam memanipulasi atau mengubah sumber daya alam dalam fungsinya menopang kebutuhan manusia. Teknologi dalam teknik sederhana, misalnya merekayasa sebatang kayu menjadi alat teknologi yang berfungsi untuk kebutuhan manusia akan menanam, membuat tombat untuk menombak rusa atau binantang liar di hutan yang hasilnya adalah untuk kebutuhan manusia akan daging. Sampai pada kebutuhan mendidik, manusia mengubah sumber daya alam menjadi teknologi atau memanipulasi/mengubah sumber daya alam untuk menopang kebutuhan akan belajar-mengajar yang terjadi dalam nuansa mendidik.
Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan, manusia menciptakan “Teknologi Online” atau “Teknologi Internet”. Teknologi ini kemudian diimplementasikan dalam dunia pendidikan. Dengan demikian maka mulai dikenal pembelajaran online. Warga pembelajar (Pendidik: Dosen, Guru, Orangtua, Pemerintah, peserta didik) mulai memanfaatkan halaman-halaman website yang dikenal dengan singkatan www (world wide web). Mulai bermunculan website berbentuk blog atau weblog yang merupakan singkatan dari blog.
Ada sejumlah blog gratis yang dapat dipakai untuk mempublikasi tulisan guru, murid/peserta didik. Publikasi ini berupa bahan ajar dan tugas-tugas seperti paper, makalah yang saya sebut dengan istilah “Paper Online”, “Makalah Online” yang dapat dibuat oleh seorang siswa/pelajar/mahasiswa S1, S2, S3. Ketimbang paper manual yang sedikit ribet membawa dan menyimpan di rumah, apalagi yang tinggal di daerah rawan banjir. Jadi dosen dapat membuat “Bahan Ajar Online” untuk mata kuliah yang diasuhnya dan ditampilkan secara online melalui Blog. Bila ini dilakukan oleh Guru, Dosen dan juga mahasiswa maka tulisan kita akan berguna bagi  orang banyak di seluruh dunia ketimbang menulis buku yang manfaatnya hanya bagi mereka yang membaca buku kita. Website/blog juga berlaku untuk mereka yang membacanya tetapi ruang lingkupnya sangat luas yaitu seluruh dunia. Kalau buku sangat terbatas. Berdasarkan pertimbangan inilah saya memutuskan untuk lebih banyak memanfaatkan blog. Kerinduan saya adalah dapat berguna bagi siapa saja yang membacanya, entah di Indonesia maupun sesame manusia yang berada di Negara-negara lain. Saya sadar bahwa pendidikan adalah memanusiakan manusia.
Beberapa Blog gratis yang dapat dipakai:
1.      Wordpress.com
2.      Blogspot.com
3.      Blog.com
4.      Edublogs.com
5.      Dll (tinggal mencarinyanya di internet)
6.      Website Gratis: www.webnode.com
7.       
Beberapa Blog  Saya
1.      Berbasis Blog

2.      Berbasis Edubloggs

Selamat berkarya secara Online
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments: